Senin, 18 November 2013

pengalaman kerja praktek di pt mitshubishi

Pengalaman Kerja Praktek di PT. Mitsubishi Chemical Indonesia

Kebangun di tengah malam. Ternyata hidup itu terus berjalan sampai waktu itupun memberhentikan langkah kita. Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Cerita kali ini quw ingin menceritakan pengalaman KP yang di dalamnya quw banyak belajar berbagai hal dan menginspirasiquw. Quw kerja praktek dari tanggal 7 September sampai 6 Oktober 2012.

Alhamdulillah, quw bersyukur banget bisa kerja praktek di PT. Mitsubishi Chemical Indonesia meskipun sebelumnya quw sudah mengalami penolakan kerja praktek dari berbagai perusahaan lain. Akibat keterlambatan pengajuan proposal KP karena menunggu surat penolakan yang begitu lama, sehingga semuanya berkata "maaf sudah penuh kerja praktek di sini". Mengalami berbagai kekecewaan namun tetap optimis pasti ada ujungnya dan quw pasti KP entah dimanapun itu, i believe that.

Alhamdulillah, Allah memang selalu memberi kejutan dan kebahagiaan atas kesabaran dan kerja keras. Terima kasih Ya Allah, atas izin-Mu quw bisa KP juga dan bersyukur itu di PT. Mitsubishi Chemical Indonesia. Beruntung rasanya diriquw ini, karena juga tidak mudah untuk bisa KP di tempat ini. Allah Maha Tahu Segalanya. Quw memang suka dengan hal-hal yang berbau Jepang. Quw suka karena adat istiadat dan kepribadian mereka. Meskipun quw belum pernah ke Jepang tapi alhamdulillah quw bisa berada dalam area adat istiadat Jepang. PT. Mitsubishi Chemical Indonesia ini adalah cabang pabrik PTA dan PET milik orang Jepang yang beroperasi di Indonesia. Ketika pertama kali mulai KP, quw disodorkan akan suasana dan ruangan yang bersih, sehat, orang-orang yang bekerja keras dengan toleransi waktu (disiplin), profesional, jujur, menghargai orang lain (dari jabatan paling rendah *OB sampai JM *org jepang seperti saudara), dan kerja sama yang tinggi.

Alhamdulillah, hidup terjamin dari segi kesehatan dan banyak ilmu yang quw dapet disini. Kalau boleh milih, quw lebih suka belajar tentang teknik kimia di pabrik ini dari pada di kampus,,hehe. Soalnya pembimbingquw orang-orang yang ahli dalam bidangnya dan quw bisa mengerti n konsen untuk belajar,hehe.   Kalau di kampus rada bosen, apalagi kalau sudah tidak suka cara ngajar dosennya, males buka buku tentang matkulnya,jadinya harus belajar otodidak deh,hihi. Mereka antusias sekali memberi materi kuliah proses pabrik dan memberi kewewenangan untuk belajar banyak hal mengenai proses pabrik. Karena quw Teknik Kimia jadi belajarnya ma orang proses pabrik. Ngajarnya nyantai tapi serius dan pastinya selalu dikejar oleh waktu, karena mereka kan orang sibuk selain menjadi pembimbingquw.

Alhamdulillah, ketika makan pun, selalu pakai menu 4 sehat dan sesuai takaran untuk diet, jadi kagum dah,,wkwk. Lucunya lagi, makan siang sekali di pabrik bisa bertahan sampai malam kenyangnya,,haha. Benar-benar diet dah disini,, :D. Quw juga bisa mendengar bahasa Jepang setiap hari, jadi ingin belajar bahasa Jepang lebih serius lagi bukan hanya di SMA,,hehe. Berkhayal semoga suatu saat quw benar-benar bisa ke Jepang, amin. Kehidupan di area pabrik dengan area kampus sangat bertolak belakang. kalau di pabrik quw belajar disiplin, bangun pagi  setiap hari biar gak ketinggalan bis jemputan pabrik jam 7.15, kalau di kampus malah santaaaaaaaaainya Ya Allah gak ketulungan meskipun bakal telat setjam,,haha. Dieng, gubrak ==". Benar dah, bikin betah di pabrik,,wkwk. Quw suka hal2 yang bersih, sehat, jujur, profesional dan disiplin. Waktu benar-benar digunakan sesuai kegiatan sehari-hari. Quw males juga sebenernya kalau banyak nganggurnya,hihi.

Alhamdulillah, suasana kekerabatan yang menyenangkan di tempat ini, ada acara Halal Bi Halal hari ini, org Jepang dan Indonesia bisa saling menghargai satu sama lain. Ternyata di pabrik meskipun mereka sibuk, tapi mereka tidak lupa untuk sholat bagi yang muslim, seneng deh. Jarang banget bahkan belum pernah melihat karyawan yang lesu lemes n tertidur, meskipun harus kerja setiap hari dari jam 7-5 sore,hehe. Merasakan suasana KP yang berbeda dari Pabrik Gula waktu KP D3,,hehe. Kehidupn di Jepang dipraktekkan di Indonesia.

Alhamdulillah, quw ingin belajar banyak hal tentang proses bikin plastik, karena quw punya impian untuk bikin pabrik bioplastik,syukur banget Allah mentakdirkanquw untuk KP di pabrik plastik ini,semoga bisa terealisasikan di masa yang akan datang Ya Allah, Aamiin (Bermimpi yang tinggi biar selalu semangat, berusaha semampunya, yang penting niatnya dulu, masa depan biar Allah yang Mengurusnya, I believe You, God). Quw sedih banget kalau harus melihat banyak sampah-sampah berserakan, terutama sampah plastik yang tidak bisa diurai dan kalau di musnahkan dengan cara dibakar akan meninmbulkan pemanasan global, kasihan buminya :(.

Alhamdulillah, Ya Allah. Disamping aktivitasquw sehari-hari Engkau selalu mengingatkanquw akan kematian. Entah kematian orang lain ataupun diriquw sendiri. Engkau sungguh Maha Baik dan Maha Sempurna. Ampunilah Hamba-Mu ini yang banyak dosa dan banyak melakukan kelalaian. Sesungguhnya kebaikan datangnya dari Engkau dan keburukan datangnya dari hamba pribadi. Innalillahi wa innailaihi rojingun, subhanallah, laa ilaa haillallah, alhamdulillah,,amin. Semoga umurquw barokah dan kelak ketika Engkau memanggilquw, quw dalam keadaan khusnul khotimah,aamiin Ya Allah. \^d^/.

Malam reader, semoga hari-hari kalian selalu dalam rahmat dan berkah-Nya, amin. Selamat beraktivitas Reader, see you later :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar