Minggu, 10 November 2013

harga komoditas dukung perbaikan ekspor

Harga Komoditas Dukung Perbaikan Ekspor
Jakarta, 04/11/2013 Mof (Fiscal) News – Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan tren ekspor dalam sisa tiga bulan ini cenderung membaik karena didorong meningkatnya harga komoditas utama khususnya kelapa sawit (CPO). Demikian disampaikan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo di Jakarta, Jumat (1/11).
Ia mengatakan, perbaikan tren ekspor pada bulan Oktober, November, dan Desember ini karena harga komoditas utama Indonesia yaitu CPO dan beberapa komoditas lainnya mulai menggeliat. Peningkatan ini disebabkan dari sisi permintaan dan harga, di mana permintaan akan mengalami peningkatan guna memenuhi kebutuhan di akhir tahun seperti natal, tahun baru, dan musim dingin.
“Untuk batu bara cenderung volumenya tidak naik banyak karena ini merupakan strategi pelaku usaha untuk tetap mempertahankan pasar mereka,”terangnya.
Di kesempatan berbeda, Wakil Menteri Keuangan II Bambang P.S. Brodjonegoro mengakui tren ekspor ke depan masih memiliki potensi membaik, terutama di dukung oleh pertumbuhan ekonomi Cina yang meningkat di kisaran 7,5-8 persen. Disamping itu, ada kecenderungan perbaikan di harga komoditi ekspor utama Indonesia. “Jadi harga komoditi saat ini cenderung relatif tidak menurun meski tidak kembali seperti masa lalu tapi tidak memburuk, sehingga ini akan sangat membantu perbaikan ekspor ke depan,” pungkasnya. (ans)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar